6 Makanan Sehat Untuk Cara Diet Sehat dan Ideal

Posted by

Lingkar Sehat. Ada beberapa makanan sehat yang perlu anda tahu. Makanan-makanan berikut adalah makanan yang sehat dan bagian dari cara diet sehat. Asal-asalan dalam konsomsi makanan tanpa mempertimbangkan pola makan bisa menyebabkan kelebihan berat badan. Bahkan lebih dari itu bisa membuat tubuh tidak sehat sehingga anda harus menerapkan pola makan dengan gizi seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, dan mineral. Asal konsisten, tubuh sehat dan langsing bukan impian semata. Hanya dengan 6 makanan sehat untuk cara diet sehat dan ideal:

1. BAYAM

6 Makanan Sehat Untuk Cara Diet Sehat dan Ideal

Bayam memiliki takaran nutrisi yang tidak kalah dengan makanan lainnya. Ada beberapa alasan yang membuat bayam layak dijadikan bagian dari diet sehat harian Anda. Berikut adalah informasi mengenai kandungan nutrisi bayam. Berapakah jumlah yang dianggap sebagai satu porsi atau ukuran penyajian bayam? USDA menetapkan bahwa satu porsi penyajian bayam ekuivalen dengan 248 gram bayam. Satu porsi bayam hanya memiliki 65 kalori. Sebagian besar kalori berasal dari karbohidrat dan protein. Ditinjau dari segi serat satu porsi bayam memiliki 6 gram serat makanan. Ini adalah 25 persen dari jumlah serat harian yang direkomendasikan. Dari sisi proteinnya, bayam memiliki 8 gram protein dalam satu porsi. Sedangkan Vitamin dan Mineral satu porsi bayam memiliki 533 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan untuk Vitamin A. Bayam juga mengandung 133 persen dari jumlah yang direkomendasikan untuk vitamin C, 28 persen untuk kalsium, dan 43 persen untuk zat besi. Semua hal ini baik untuk tubuh, sehingga tidak salah jika bayam menjadi pilihan tepat untuk makanan diet sehat anda.

2. KACANG MERAH

6 Makanan Sehat Untuk Cara Diet Sehat dan Ideal
Kandungan Nutrisi Kacang Merah banyak sekali untuk diet sehat anda. Selain dimasak menjadi berbagai makanan lezat, kandungan nutrisi kacang merah juga luar biasa kaya. Manfaat nutrisi kacang merah membantu program diet karena fibernya akan membuat Anda merasa kenyang dan kalorinya juga sangat rendah. Apalagi kandungan protein nabatinya akan bermanfaat untuk perkembangan massa otot tubuh. Membantu proses metabolisme asam amino, asam lemak, lipid, glukoneogenesis, sintesis neurotransmitter, sintesis histamine, sintesis dan fungsi haemoglobin serta menjaga kesehatan kulit dengan kandungan vitamin B6.
Kacang merah nyaris bebas lemak, natrium, kolesterol dan sodium. Selain itu kacang merah sangat rendah kalori (hanya 6 persen per 100 gr), serta murah harganya. Bahkan kacang merah mampu mencukupi 30 persen kebutuhan serat makanan (fiber) dan mengandung 168 mg asam lemak Omega-3 dan 107 mg asam lemak Omega-6.

3. APEL

6 Makanan Sehat Untuk Cara Diet Sehat dan IdealBuah apel memiliki nama latin Pyrus malus dan termasuk dalam keluarga Rosaceae. Selain rasanya yang enak, manis dan menyegarkan, ternyata buah apel juga kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.
Manfaat buah apel untuk pengobatan diantaranya, mengobati susah buang air besar, mengobati diare hingga mengatasi diabetes. Sementara itu, khasiat buah apel untuk kesehatan antara lain menangkal radikal bebas, mencegah kanker, menyehatkan gigi, hingga mencegah penyakit alzheimer, melancarkan sistem pencernaan dan cocok untuk anda yang memulai diet sehat. Maka sudah selayaknya Anda menyediakan buah yang satu ini untuk konsumsi sehari-hari bersama keluarga tercinta.
Selain senyawa pektin, dalam satu buah apel ukuran 100 gram juga terkandung banyak zat gizi. Diantaranya Kalori (58 kalori), Hidrat arang (14,9 gram), Lemak (0,4 gram), Protein (0,3 gram), Kalsium (6 mg), Fosfor (10 mg), Zat Besi (0,3 mg), Vitamin A (90 SI), Vitamin B1 (0,04 mg), Vitamin C (5 mg) dan Air (84 %).

4. KEDELAI

6 Makanan Sehat Untuk Cara Diet Sehat dan IdealBanyak sekali manfaat kedelai bagi kesehatan, antara lain: Kedelai dan produk berbasis kedelai telah dikaitkan dengan pengurangan nafsu makan, sehingga dapat membantu orang untuk menghilangkan kebiasaan makan berlebihan yang meningkatkan resiko obesitas dan semua yang terkait. Namun kedelai menyediakan serat dan protein tinggi, sehingga jika dimakan dalam jumlah banyak juga menyebabkan kenaikan berat badan. Oleh karena itu, kedelai bermanfaat baik bagi yang ingin menurunkan atau  menambah berat badan. Selain itu, menaikkan berat badan dengan kedelai lebih sehat karena rendah lemak atau kolesterol.
Kedelai juga merupakan sumber protein nabati yang tinggi. Bila Anda memiliki protein yang cukup dalam tubuh Anda, maka fungsi metabolisme dan keseluruhan sistem tubuh akan mendapatkan peningkatan yang besar. Protein adalah blok pembangun sel dan pembuluh darah, dan pada dasarnya ada disetiap bagian penting tubuh manusia. Protein dari kedelai akan memastikan kesehatan dan pertumbuhan kembali sel tubuh,  jika perlu diperbaiki atau diganti dengan yang baru. Bagi penganut vegan atau vegetarian, sangat sulit untuk bisa mendapatkan cukup protein, sehingga bagi mereka kedelai merupakan pengganti protein yang sangat baik  yang biasanya diperoleh dari daging, ayam, telur, produk susu, dan ikan .

5. TOMAT

6 Makanan Sehat Untuk Cara Diet Sehat dan Ideal
Kandungan Gizi dan Manfaat buah Tomat banyak sekali.. Manfaatnya juga  banyak sekali, mulai dijadikan bumbu masakan, sambal, saus, hingga dijadikan minuman. Tapi masih banyak orang yang belum tahu kandungan gizi serta manfaat dari buah tomat.

Salah satu senyawa yang paling banyak terkandung didalam buah tomat yaitu likopen. Likopen adalah senyawa yang memberikan warna merah pada buah tomat. Likopen berperan sebagai senyawa antioksidan, mengurangi kolesterol, dan mampu melindungi tubuh dari kanker, terutama ancaman kanker prostat yang terjadi pada pria. Zat-zat lain yang terdapat pada tomat adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, B1, B2, B3, dan C, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, serat, dan air juga berfungsi melancarkan dan Menyehatkan Sistem Pencernaan. Salah satu kelebihan dari tomat yaitu merupakan sumber serat yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga, dengan mengkonsumsi buah tomat menjadikan sistem pencernaan tetap sehat dan lancar.

6. IKAN SALMON

6 Makanan Sehat Untuk Cara Diet Sehat dan Ideal
Selain dikenal sebagai ikan yang unik, ikan salmon juga terkenal sebagai ikan dengan kandungan gizi yang tinggi dan memiliki berbagai macam khasiat bagi tubuh. Salah satu kandungan yang ada dalam ikan salmon adalah omega-3 yang sangat tinggi. Berikut ini adalah beberapa manfaat makan ikan salmon untuk tubuh:
Manfaatnya diantaranya yaitu menjaga kulit dan rambut tetap sehat. Kandungan nutrisi lemak omega-3 dalam ikan salmon senantiasa bisa membuat Anda terlihat awet muda. Sehingga baik juga untuk diet sehat anda agar selalu terlihat cantik. Tidak hanya kulit, omega-3 dan protein dalam ikan salmon juga bisa menjaga kekuatan rambut. Selain itu juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ikan salmon juga mengandung nutrisi yang memfasilitasi penyerapan gula dalam tubuh dan dalam proses ini dikenal sebagai pengendali diabetes terbaik dan pengendali gula darah.

Berikut diantara tips dan cara memilih makanan sehat dan tentunya untuk diet sehat dan ideal:
  1. Jangan asal kenyang. Pilih karbohidrat kompleks (nasi merah, oatmeal, ubi, jagung) daripada karbohidrat sederhana (nasi putih, roti, mi instan, bubur ayam). Tingkat energi karbohidrat kompleks tinggi sangat cocok menjaga stamina saat olahraga.
  2. Sebaiknya tidak makan malam di atas pukul 6 sore. Bila waktu makan malam tidak dekat dengan waktu tidur, sistem pencernaan memiliki kesempatan lebih panjang untuk mencerna makanan.
  3. Jangan lupakan sayuran dan buah-buahan dalam menu makanan sehari-hari. Semua bermanfaat agar tubuh Anda cukup mendapat serat, vitamin, dan enzim.


Lingkar Sehat, Updated at: 01.37

0 komentar:

Posting Komentar