Jerawat Punggung? Ini Penyebabnya

Posted by

"Tahukah kamu jika jerawat juga bisa tumbuh di punggung? Atau lebih dikenal dengan nama jerawat punggung. Jerawat punggung tidak membahayakan nyawa, namun menyusahkan dan membuat aktifitas harian tidak nyaman, jadi pastikan Anda mencegah kemunculannya sejak awal agar tidak perlu mengalaminya.”

Siapa bilang jerawat hanya tumbuh di wajah? Jerawat juga bisa tumbuh di area lain, misalnya punggung. Jerawat punggung merupakan kondisi yang cukup umum, namun bukan berarti tidak mengganggu. Sama seperti jerawat di wajah, jerawat di punggung menyebabkan ketidaknyamanan saat Anda memakai baju, mengeringkan tubuh dengan handuk, berenang, bahkan duduk bersandar di kursi bersandaran keras. Kondisinya semakin parah ketika jerawatnya meradang, menciptakan rasa sakit dan nyeri setiap kali punggung Anda tersentuh pakaian. Untuk itu, supaya kita mengetahuinya dengan jelas, maka tak ada salahnya harus mencari tahu penyebab jerawat itu timbul dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Jerawat Punggung
Penyebab jerawat punggung sama seperti jerawat wajah, yaitu infeksi akibat kerja bakteri di dalam pori-pori kulit yang tersumbat minyak dan kotoran. Jerawat di permukaan punggung cenderung sering menyerang pria karena kebanyakan tidak seteliti wanita dalam membersihkan tubuh terutama bagian punggung. Selain itu, kaum pria memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif dan berkeringat lebih banyak daripada wanita, sehingga semakin memudahkan jerawat tumbuh di punggung. Keringat bisa menyebabkan jerawat pada punggung jika kita jarang membersihkan badan, apalagi sehabis melakukan olahraga, sebaiknya kita bisa membersihkan keringat yang menetes karena kemungkinan besar jerawat bisa tumbuh.

Sebelum kamu mengambil tindakan untuk mengatasi masalah jerawat di punggungmu, ada baiknya untuk tahu terlebih dahulu penyebab dari masalah ini, agar nantinya masalah jerawat ini tidak lagi menghantuimu. Secara lebih jelas kami akan jelaskan penyebab jerawat punggung dalam beberapa point:

Suka memakai pakaian ketat. Kok bisa? Memakai pakaian ketat dapat membuat kulit susah bernafas, sehingga kotoran dan keringat menutup pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Suka mengkonsumi makanan dan minuman yang mengandung banyak lemak, seperti gorengan, mie instan, soft drink, dan lain sebagainya.

Tidak bersih saat mandi. Ini adalah kelalaian yang disebabkan oleh kebiasaan buruk sehari-hari. Misalnya, jika kamu terbiasa bangun kesiangan, padahal kamu harus masuk sekolah atau kerja pada pagi hari. Hal ini akan membuat kamu mandi dengan terburu-buru dan tidak bersih. Sisa kuman dan kotoran yang menempel akan mengendap di pori-pori dan pada akhirnya menimbulkan jerawat.

Stres dan perasaan depresi.

Tidak bersih mencuci pakaian. Sisa detergen yang masih menempel di pakaian biasanya tidak begitu bersahabat dengan kulit, sehingga kulit menjadi gatal dan berjerawat.
 
Setelah tahu penyebabnya, maka kamu juga harus tahu bagaimana mengatasi jerawat punggung jika ia sudah terlanjut bersarang. 

Cara pertama, kamu bisa membersihkan jerawat itu dengan menggunakan sabun anti bakteri dan lakukan secara rutin supaya cepat hilang. Jangan menggunakan sabun biasa karena hasilnya akan kurang efektif.

Cara kedua, memakai krim atau gel yang mengandung benzoyl peroksida. Tentunya, harus sesuai dengan anjuran dokter supaya tidak menimbulkan efek samping. 

Cara ketiga, ketika kamu melihat ada jerawat di punggungmu, maka sebaiknya kamu menggunakan baju yang berbahan kaos yang mudah menyerap keringat dan usahakan ukuran baju itu longgar.

Informasi tentang jerawat punggung di atas harusnya menggugah baik laki-laki maupun para perempuan yang biasanya hanya memfokuskan perhatiannya kepada jerawat yang ada di wajahnya. Setelah tahu informasi tersebut, maka perempuan harus pintar-pintar merawat tubuhnya, tak hanya wajah tetapi juga seluruh tubuhnya supaya terhindar dari yang namanya jerawat.

Tapi tak usah khawatir, jika kamu sudah rutin membersihkan tubuhmu setiap hari, maka jerawat tentunya takkan datang menghampiri.a


Lingkar Sehat, Updated at: 00.24

0 komentar:

Posting Komentar